Pengobatan Perawatan Penyakit Diabetes

Penyakit, Diabetes
Jenis pengobatan dan perawatan yang dapat diandalkan untuk penderita penyakit diabetes. Ketika berbicara mengenai diabetes mellitus baik itu Diabetes Mellitus Tipe 1 atau diabetes tipe 2 adalah kenyataan bahwa penyakit ini tidak dapat disembuhkan. Namun anda tidak perlu khawatir bahwa selalu ada cara untuk anda kembali hidup normal walaupun anda sedang mengidap penyakit diabetes mellitus. Mungkin beberapa dari anda mulai merasa khawatir atau bahkan shock ketika dokter pertama kali memvonis anda menderita penyakit tersebut tapi dengan Pengobatan yang intensif dan tepat tentu saja anda tidak perlu khawatir lagi.

Namun tentu saja pengabaian tetap saja tidak dibenarkan. Hal pertama yang mungkin terlintas dipikirkan anda ketika dokter memvonis anda dengan penyakit diabetes mellitus ketika ditemui beberapa gejalanya adalah berusaha untuk mencari tahu bahwa diagnosa tersebut salah. Mungkin ada baiknya juga bagi anda untuk mempelajari terlebih dahulu mengenai gejala-gejalanya sebelum anda memutuskan untuk memilih jenis Pengobatannya.

Gejala umum yang bisa terjadi pada penderita diabetes adalah, meningkatnya frekuensi buang air kecil anda. Hal ini disebabkan karena tingginya kadar glukosa dalam darah anda sehingga ginjal perlu membuangnya lewat urine.

Namun karena kadar glukosa dalam darah cukup tinggi sehingga frekuensi buang air kecil juga meningkat. Akibat selanjutnya adalah anda akan menjadi sering merasa dehidrasi karena tubuh kekurangan cairan karena setiap cairan yang masuk akan digunakan oleh ginjal untuk mengeluarkan glukosa dalam darah. Sebagai langkah awal untuk mencegah hal buruk terjadi pada tubuh tentu saja dengan cara mengkonsumsi cairan yang dibutuhkan tubuh walaupun pada akhirnya cairan tersebut juga akan dibuang lewat urine.

Selain meningkatnya kebutuhan tubuh anda terhadap cairan, tubuh anda juga membutuhkan nutrisi terutama sel-sel tubuh anda. Dengan tingginya kadar gula dalam darah makanya pendistribusian nutrisi ke sel-sel menjadi terhambat sehingga tubuh menjadi selalu merasa kekurangan nutrisi sebagai akibatnya, nafsu makan anda juga akan meningkat.

Sebagai akibat lanjutan karena tubuh memerlukan kerja keras agar semua kebutuhan terpenuhi maka anda akan menjadi cepat lelah dan tentu saja selalu kekurangan cairan dan nutrisi sehingga akan dengan mudah pingsan.

Melihat gejala-gejala tersebut diatas tentu saja anda sudah bisa menebak apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Jawabannya tentu saja cukup simpel yaitu karena terdapat kadar gula yang cukup tinggi dalam darah sehingga menyebabkan terganggunya metabolisme tubuh. Sehingga apa yang harus anda lakukan disini?

Ada beberapa metode yang bisa anda andalkan disini namun tentu saja tidak satupun metode tersebut dianggap sebagai metode yang terbaik karena hal tersebut semua tergantung pada kondisi tubuh si penderita masing-masing. Namun ada dua alternatif metode Pengobatan yang dianjurkan disini yang mungkin bisa menjadi solusi terbaik baik anda:

PENGOBATAN DIABETES MILITUS TIPE1

Yang Pertama Adalah Dengan Melakukan Injeksi Insulin.

Ketidakmampuan tubuh untuk menghasilkan insulin yang dibutuhkan tubuh menyebabkan tubuh tidak dapat bisa mengontrol kadar gula dalam darah. Oleh karena itu sebagai salah satu treatment adalah dengan menyediakan insulin yang cukup pada tubuh sehingga tubuh bisa mengontrol kadar gula dalam darah. Sejak ditemukannya insulin untuk pertama kalinya pada tahun 1921, para penderita Diabetes Mellitus Tipe 1 ini tidak perlu merasa khawatir lagi mengenai kebutuhan insulin mereka karena tentu saja kapanpun tubuh membutuhkan insulin, mereka selalu bisa menyuntikkannya kapan saja.

Yang Kedua Adalah Dengan Mengubah Gaya Hidup Anda

Tentu saja hal ini tidak berpengaruh banyak mengenai penyembuhan karena tentu saja seperti yang sudah anda ketahui bahwa diabetes mellitus bukanlah jenis penyakit yang bisa anda sembuhkan lewat pengobatan ataupun Pengobatan yang intensif.

Namun, mengubah gaya hidup anda menjadi gaya hidup yang lebih sehat sangat diperlukan disini karena dapat mencegah kemungkinan terburuk dari Diabetes Mellitus Tipe 1 ini. Mungkin anda bisa memulainya dengan menjaga jenis-jenis makanan yang anda konsumsi. Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula tinggi untuk mengurangi meningkatnya kadar gula dalam darah anda yang sudah tinggi.

Kedua jenis Pengobatan tersebut adalah yang terbaik yang bisa disarankan. Namun, keterlambatan penanganan pada pasien diabetes bisa berakibat sangat fatal, mereka bisa terbaring koma atau bahkan menyebabkan kematian.

Hal terburuk dari Diabetes Mellitus Tipe 1 adalah selain diabetes jenis ini banyak diderita oleh anak-anak yang tentu saja memiliki kesadaran rendah terhadap penyakit yang mereka derita.

Perkembangan gejala-gejala awal Diabetes Mellitus Tipe 1 juga bisa dikatakan cukup cepat sehingga kadang seseorang mengetahui bahwa anak mereka ternyata menderita Diabetes Mellitus Tipe 1 ketika sudah sangat terlambat karena kebiasaan anak mereka yang suka minum dianggap sebagai bagian dari kebutuhan tubuh mereka yang mulai aktif dan kegemaran mereka makan juga menunjukkan bahwa anak mereka cukup sehat karena banyak sekali anak se-usia mereka yang susah untuk disuruh makan.

Dengan kata lain, orang tua juga harus cukup tanggap dengan keadaan kesehatan anak-anak mereka karena hal seperti ini bukannya sesuatu yang bisa diprediksi dengan mudah. Mungkin memiliki seorang dokter anak pribadi bisa menjadi salah satu alternatif pencegahan. Sehingga anda bisa memeriksakan kondisi kesehatan anak anda secara rutin kapan saja anda mau.

PENGOBATAN DIABETES MILITUS TIPE 2

Penyakit Diabetes Mellitus Tipe 2 memerlukan Pengobatan yang intensif agar penderita selalu dalam kondisi baik. Karena penyakit ini tidak dapat disembuhkan dan dapat menimbulkan komplikasi jika tidak dirawat dengan baik, maka Pengobatan Diabetes Mellitus Tipe 2 harus dilakukan setiap hari.

Pada dasarnya ada 2 tujuan utama dalam Pengobatan Diabetes Mellitus Tipe 2, yaitu tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang. Tujuan jangka pendek yaitu untuk menurunkan tingginya kadar gula darah. Sedangkan tujuan jangka panjang dari Pengobatan diabetes yaitu untuk mencegah timbulnya komplikasi diabetes. Jika Anda sudah positif mengidap diabetes, maka ada beberapa Pengobatan yang wajib Anda lakukan. Berikut ini beberapa Pengobatan yang dilakukan penderita diabetes.

1. Lakukan Diet

Diet merupakan usaha mengendalikan kadar gula dalam darah dengan cara mengurangi jumlah konsumsi kalori dan gula sehingga diabetes Anda menjadi terkontrol dengan baik. Dalam menjalankan diet, Anda ikuti saran yang telah diberikan dokter atau ahli gizi. Konsultasikan pula jenis makanan yang boleh Anda makan dan makanan yang harus dihindari.

Kunci utama dalam diet diabetes yaitu memilih karbohidrat yang aman yaitu bahan makanan yang belum diproses seperti sayur, buah, kacang dan sereal. Bahan makanan tersebut mengandung karbohidrat yang memerlukan sedikit insulin, kaya serat dan mengandung antioksidan alami serta efektif dapat memperbaiki retensi insulin.

Dalamdiet diabetes, Anda juga perlu mengatur penyerapan gula oleh tubuh agar tidak terjadi kelebihan di dalam darah. Caranya yaitu dengan memilih karbohidrat kompleks yang banyak mengandung serat dan rendah kolesterol. Tingginya kandungan serat dapat memperlambat penyerapan gula darah ke dalam pembuluh darah sekaligus mengurangi kadar kolesterol darah.

Makanlah di waktu lapar dan berhentilah sebelum kenyang. Dengan demikian insulin dapat bekerja lebih optimal dalam menahan laju kelebihan gula dalam darah.

2. Lakukan tes darah secara rutin

Dengan menggunakan glukometer, Anda dapat mengukur kadar gula darah secara mandiri di rumah. Caranya yaitu dengan menusuk jari dengan jarum kecil yang dinamakan lanset. Darah yang keluar, Anda tempelkan pada strip tes. Dalam 30 – 45 detik hasilnya akan terbaca. Dari hasil tes tersebut dapat Anda gunakan sebagai patokan dalam mengatur jumlah asupan makan, aktivitas, atau obat-obatan untuk menjaga kadar gula darah dalam kisaran yang normal.

Bagi penderita Diabetes Mellitus Tipe 2, lakukan tes darah ini sebanyak 1-3 kali sehari, yaitu ketika bangun tidur, sebelum makan dan sebelum tidur. Konsultasikan dengan dokter mengenai penetapan tujuan kadar gula darah Anda agar kelebihan gula darah dapat tetap terkendali.

3. Lakukan olahraga secara rutin

Bagi penderita diabetes, olahraga dan diet merupakan kombinasi yang tepat dalam mengontrol kadar gula darah sehingga tingkat penderitaannya tidak lagi tergantung pada obat. Bagi penderita Diabetes Mellitus Tipe 2 olahraga dapat bermanfaat merangsang pengaktifan produksi insulin dan menjadikan insulin dapat bekerja lebih efisien.

Dengan olahraga secara teratur, selain dapat menurunkan berat badan juga dapat menurunkan tekanan darah, kolesterol, menghindari resiko penyakit jantung. Jenis olahraga yang disarankan bagi penderita diabetes adalah aerobik, yaitu kegiatan latihan fisik secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama. Latihan aerobik yang dapat dilakukan yaitu jogging, jalan kaki, bersepeda dan berenang.

Bagi penderita diabetes yang menggunakan suntik insulin, periksalah kadar gula dalam darah sebelum dan sesudah latihan.

3. Minumlah Obat Diabetes Secara Teratur

Dokter akan memberikan Anda obat antidiabetes, jika diet dan olahraga tidak dapat membantu dalam mengontrol kadar glukosa darah. Biguanid (metformin) Obat ini bekerja mengurangi produksi glukosa hati dan memperbaiki ambilan glukosa dari jaringan, membantu otot dan sel-sel lemak dan hati menyerap kelebihan glukosa dari aliran darah sehingga akan menurunkan kadar gula darah.

Obat ini tidak boleh diberikan pada penderita yang mempunyai gangguan fungsi hati dan ginjal, penderita hipoksia jaringan Sulfonyl ureas. Obat ini bekerja memicu sel-sel beta pankreas untuk membuat lebih banyak insulin. Obat ini cocok untuk penderita Diabetes Mellitus Tipe 2 karena kelebihan berat badan. Namun tidak cocok untuk penderita diabetes karena usia lanjut karena dapat menyebabkan hipoglikemia (kadar gula darah rendah)

Ada 6 golongan obat yang termasuk dalam sulfonyl ureas yaitu glibenklamida, glibenklamida micronized, glikasida, glikuidon, glipisida, glimepirida dan klorpromida.

Thiazolidinediones (seperti rosiglitazone)

* Obat ini bekerja pada otot, lemak dan hati untuk menghambat pelepasan gula dari jaringan adiposa. Jadi ketika insulin diproduksi, otot, sel-sel lemak dan hati akan menyerap kelebihan gula darah.

* Obat jenis rosiglitazone tidak boleh diberikan pada penderita yang mempunyai komplikasi penyakit jantung.

Meglitinides (termasuk repaglinide dan Nateglinide)

* Obat ini mempunyai prinsip kerja yang hampir sama dengan jenis sulfonyl ureas yaitu memicu pankreas untuk membuat lebih banyak insulin sebagai respon terhadap kelebihan gula darah.

Alpha-glukosidase inhibitor (seperti acarbose)

* Obat ini dapat menurunkan kadar gula darah setelah makan dengan cara menghambat penyerapan gula di saluran pencernaan.

* Obat ini tidak boleh diberikan pada penderita yang mempunyai masalah fungsi hati dan ginjal.

Setiap jenis penyakit apapun jika kita merawatnya dengan baik pasti akan mengurangi rasa sakit yang diderita. Bahkan ada orang yang mengalami penyakit diabetes namun ia tampak seperti orang sehat pada umumnya, karena ia pandai dalam menjaga dan merawat diabetesnya dengan baik.

Bagi penderita, perawatan diabetes mellitus sangat diperlukan mengingat penyakit ini tidak dapat disembuhkan, dan jika dibiarkan maka dapat menimbulkan komplikasi penyakit baru. Ada beberapa perawatan diabetes mellitus yang dapat dilakukan penderita yaitu : diet dan perawatan gizi, terapi insulin, pengobatan herbal serta detoksifikasi. Berikut ini masing-masing penjelasannya.

1. Diet dan perawatan gizi

Bila berat badan Anda berlebih, segera turunkan berat badan Anda.

Makanlah makanan yang efektif dalam memperbaiki retensi insulin seperti : sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Hindari makanan dan minuman yang manis-manis seperti gula halus, biskuit, roti manis, permen, es krim, sirup dan soft drink.

Kurangi makanan yang berkalori tinggi seperti nasi, gantilah dengan kentang, oatmeal, susu kedelai dan makanan rendah kalori lainnya. Hindari makanan yang mengandung kolesterol seperti daging, santan, dan gorengan. Selain diet, penderita diabetes juga dianjurkan untuk makan food supplement untuk diabetes yang mengandung vitamin E, C, B6, B12, biotin, niasin, kromium, magnesium, kalium, seng, koenzim Q10, inositol, carnitine dan taurin.

2. Terapi insulin ( Hati-hati )

Suntikan insulin dapat menurunkan kadar gula darah Anda secara cepat untuk sementara waktu.

Biasanya penderita diabetes menyuntikkan insulin di bawah kulit (subkutan) pada bagian tubuh seperti perut, lengan, paha dan pantat. Pada beberapa penderita diabetes, suntikan insulin dapat menyebabkan meningkatkan nafsu makan, memacu pembentukan plak penyumbat arteri dan hipogleikimia. Aturlah jadwal pemakaian insulin Anda. Sebaiknya sesuaikan dengan jadwal makan Anda sehari-hari. Agar lebih optimal, penggunaan insulin harus diimbangi dengan jumlah makanan dan olahraga.

3. Pengobatan Herbal

Pengobatan herbal merupakan pengobatan alami dengan menggunakan tanaman tertentu yang mempunyai khasiat terhadap suatu penyakit tanpa menyebabkan efek samping.

Kadangkala obat herbal memiliki kandungan aktif sehingga dapat berinteraksi dengan obat resep dokter. Oleh karena itu penggunaan obat herbal sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter Anda. Beberapa obat herbal yang dapat mengobati diabetes mellitus yaitu : biji fenugreek, aloe vera (lidah buaya), bawang putih ( Hati-hati ), bawang merah, gymnema, evening primrose, dan lain sebagainya.

Biji fenugreek bermanfaat dalam mengurangi kadar gula darah dan menambah kepekaan sel terhadap insulin karena mengandung zat aktif alkaloida trigonelia dan kumarin. Aloe vera berkhasiat dalam merangsang peningkatan sintesis insulin pada kelenjar pankreas. Bawang putih ( Hati-hati ) dan bawang merah segar juga dapat dipercaya mengembalikan keseimbangan kadar gula dalam darah.

Gymnema bermanfaat dalam pemulihan sel beta pankreas. Evening primrose berkhasiat dapat memperbaiki sensitivitas jaringan terhadap insulin karena mengandung asam gamma linoleat/GLA.

4. Hidroterapi

Hidroterapi merupakan cara pengobatan dengan menggunakan media air.

Pada penderita diabetes mellitus, hidroterapi dengan menggunakan air panas dapat membuka pori-pori, merangsang keluarnya keringat, melebarkan pembuluh darah, dan dapat mengendurkan otot-otot sehingga peredaran darah menjadi lancar.

Agar lebih optimal, hidroterapi dapat Anda lakukan di daerah pegunungan yang memiliki air panas alami. Anda dapat berendam atau mandi di bawah air terjun tersebut. Selain airnya yang panas, kandungan belerang juga dapat membunuh penyakit yang ada di tubuh.

5. Detoksifikasi

Secara alami, setiap hari tubuh kita melakukan detoksifikasi ringan melalui keringat, buang air kecil dan besar. 

Terapi detoksifikasi merupakan cara pengobatan dengan mengkonsumsi makanan sayuran dan buah-buahan yang dapat merangsang keluarnya toksin/racun dari dalam tubuh. Selain dapat mengeluarkan racun dalam tubuh, bagi penderita diabetes mellitus terapi detoksifikasi juga dapat menjaga berat badan, kulit terlihat lebih bersih dan mulus, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tubuh terasa segar sehingga tidur menjadi nyenyak dan berkualitas.

Pada penderita diabetes, Anda dapat melakukan terapi detoksifikasi pertama kali yaitu hanya dengan mengkonsumsi buah atau sayuran dan air putih selama 3 hari atau sampai proses detoksifikasi tubuh Anda selesai.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa ternyata ada banyak cara dalam perawatan diabetes mellitus. Anda dapat memanfaatkan sumber daya yang ada di sekeliling kita untuk perawatan diabetes mellitus. Anda dapat memilih dan mengkombinasikan beberapa terapi perawatan diabetes mellitus yang Anda anggap mudah dilakukan dengan biaya yang terjangkau.

Pada dasarnya faktor keberhasilan dari semua terapi di atas yaitu kedisiplinan kita dalam melakukan terapi perawatan diabetes mellitus secara rutin. Oleh karena itu susunlah jadwal harian kapan Anda melakukan terapi perawatan diabetes tersebut.



MUNGKIN ARTIKEL TETANGGA SANGAT MENARIK BAGI ANDA



Token Technorati: XC2VETQBDTDV

Share it and Bookmark :
Anda sedang membaca artikel tentang Pengobatan Perawatan Penyakit Diabetes dengan URL http://herbal-hmn.blogspot.com/2013/01/pengobatan-perawatan-penyakit-diabetes.html,kami tidak mengizinkan anda untuk menyebar luaskannya atau copy-paste artikel Pengobatan Perawatan Penyakit Diabetes ini ,karena yang kami khawatirkan apabila ada pertanyaan dari pihak pembeli"Cara Pengobatan Penyakit dengan Produk Terapi Kesehatan dan Pengobatan Alternatif Hmn"Terapi Kesehatan dan Pengobatan Alternatif Hmn Pengobatan Perawatan Penyakit Diabetes Silahkan Hubungi Kami Bila Membutuhkan Bantuan dalam Produk.